PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HERDIANA, RIAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

[img] Text
1. COVER DEPAN PINK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN PINK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Herdiana, Rian. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Berita Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ade Kusmana, M.Hum., (II) Dr. Kamaruddin, M.Pd. Kata kunci: penerapan, pendekatan saintifik, menulis berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran, serta faktor pendukung, kendala, dan solusi yang ditempuh untuk menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Kelas VIII A tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan pembelajaran, wawancara guru mata pelajaran dan peserta didik sebagai narasumber berbagai informasi terkait penerapan pendekatan saintifik, dan studi dokumentasi sebagai data pendukung kegiatan penelitian. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan pendekatan saintifik telah dilaksanakan, tetapi belum memenuhi kriteria dan prinsip pendekatan saintifik sepenuhnya. Perencanaan yang disusun oleh guru sudah baik, karena telah memenuhi komponen-komponen dan prinsip yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIAN HERDIANA
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:43
Last Modified: 12 Jul 2019 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8333

Actions (login required)

View Item View Item