-, FIKRIYAH (2025) REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK FIKRIYAH.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB V FIKRIYAH.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
COVER FIKRIYAH.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
TESIS FIKRIYAH 2 (1).pdf Download (26MB) |
![]() |
Text
HALAM PENGESAHA.pdf Download (61kB) |
Abstract
Miskonsepsi siswa dalam konsep pecahan merupakan permasalahan yang masih banyak dijumpai dan secara signifikan memengaruhi pemahaman konsep matematika. Salah satu penyebab utama terjadinya miskonsepsi adalah pengalaman awal siswa yang terbatas. Maka dari itu, untuk mengurangi miskonsepsi siswa adalah dengan melakukan remediasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan remediasi miskonsepsi siswa pada materi pecahan berdasarkan hasil pre-test diagnostic menggunakan instrument berformat five-tier. Remediasi miskonsepsi siswa dilakukan melalui pembelajaran menggunakan teori perubahan konseptual dan pemberian scaffolding secara bertahap. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods) dengan desain Convergent Parallel Design. Data kuantitatif dikumpulkan melalui pre-test dan post-test menggunakan instrumen tes diagnostik berformat five-tier. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi sebanyak 5 kali pertemuan. Subjek kuantitatif adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kota Jambi. Subjek kualitatif terdiri dari 3 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase scientific conception siswa sebelum dilakukan remediasi terbilang rendah dengan rata-rata 17,6 % dan setelah remediasi menggunakan teori perubahan konseptual dan pemberian scaffolding menjadi 86.6% artinya terjadi peningkatan rata-rata persentase scientific conception (jawaban benar) siswa sebesar 69%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori perubahan konseptual dan pemberian scaffolding secara efektif meremediasi miskonsepsi siswa dalam materi bilangan pecahan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Diagnostic Berformat Five-Tier, Teori Perubahan Konseptual, Scaffolding |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fikriyah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |