SULAIMAN RAMBE, ROMA RIZKI (2025) IDETIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONFORMITAS SISWA DALAM PEMILHAN SEKOLAH LANJUTAN DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ROMA RIZKI SIDANG SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN ROMA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konformitas Siswa dalam Perencanaan Pemilihan Sekolah Studi Lanjutan di SMP Negeri 22 Kota Jambi Nama : ROMA RIZKI SULAIMAN RAMBE NIM : A1E118127 Pembimbing I : Prof. Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing II : Zubaidah, M.Pd., Kons Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya pengaruh teman sebaya dalam pengambilan keputusan pendidikan siswa, khususnya dalam menentukan sekolah lanjutan. Banyak siswa cenderung mengikuti pendapat kelompok tanpa mempertimbangkan minat dan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konformitas siswa dalam perencanaan pemilihan sekolah studi lanjutan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang memengaruhi tingkat konformitas siswa dalam konteks tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi terdiri dari 284 siswa kelas IX tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 166 siswa yang diperoleh menggunakan teknik random sampling berdasarkan rumus Slovin pada taraf signifikansi 5%. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert lima poin yang terdiri dari 30 butir pernyataan. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 30 item dinyatakan valid, dan hasil uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,897 yang menunjukkan tingkat keandalan sangat tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat konformitas siswa berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 104,87 atau 80,11%. Kelima indikator konformitas—peniruan, penyesuaian, kepercayaan, kesepakatan, dan ketaatan—seluruhnya berada pada kategori tinggi, dengan kepercayaan sebagai indikator tertinggi (82,33%). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konformitas siswa dalam pemilihan sekolah lanjutan dipengaruhi secara signifikan oleh faktor sosial, terutama pengaruh teman sebaya. Temuan ini menunjukkan perlunya peran aktif guru Bimbingan dan Konseling, orang tua, serta sekolah dalam memberikan layanan informasi dan pendampingan yang tepat agar siswa mampu mengambil keputusan secara mandiri, rasional, dan sesuai dengan potensi serta minat pribadi mereka. Kata Kunci: konformitas, pemilihan sekolah lanjutan, pengaruh teman sebaya, siswa SMP, bimbingan dan konseling
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | RAMBE |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |