Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Guided Inquiry dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP

Nabila, Febriati (2025) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Guided Inquiry dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIATI NABILA A1C221064.pdf

Download (14MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP N 4 Kota Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung. Dengan demikian, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model Discovery Learning dan Guided Inquiry dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ini berdesain penelitian Quasi Experimental Design dan memakai Posttest-Only Control. Seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025 merupakan populasi penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yang secara acak mengambil tiga kelas sampel yang terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen I diterapkan model Discovery Learning dengan pendekatan CTL, kelas eksperimen II diterapkan model Guided Inquiry dengan pendekatan CTL, dan kelas kontrol diterapkan model Direct Instruction. Instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi guru dan siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning dan Guided Inquiry dengan pendekatan CTL serta tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji one-way anova serta dilanjutkan degnan uji lanjut tukey. Berdasarkan uji one-way anova dan uji lanjut tukey menunjukkan bahwa siswa yang diberi penerapan model Discovery Learning dan Guided Inquiry yang masing-masing modelnya dipadukan pendekatan CTL mempunyai kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada siswa yang diberi penerapan Direct Instruction. Kata Kunci: Discovery Learning, Guided Inquiry, Contextual Teaching and Learning (CTL), Komunikasi Matematis

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FEBRIATI NABILA
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:26
Last Modified: 14 Jul 2025 03:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83694

Actions (login required)

View Item View Item