ANALISIS KUALITAS APLIKASI ITC GATEWAY DENGAN METODE MCCALL

Ramadana, Viani (2025) ANALISIS KUALITAS APLIKASI ITC GATEWAY DENGAN METODE MCCALL. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ITC Gateway adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan ITC Global Media untuk pembayaran online seperti, PLN Group, (Postpaid, Prepaid, dan Nontaglis), Telkom Group (Telepon, Speedy, Kartu Halo), PDAM, Pulsa HP, BPJS, Multifinance (Adira, BAF, FIF), TV Berlangganan, E-Money, dan Transfer Saldo. Aplikasi ITC Gateway ini bisa digunakan di smartphone android dan website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas aplikasi ITC Gateway, dan hasil analisis dari kualitas aplikasi ITC Gateway dengan metode McCall pada aspek product operation. Pada metode McCall ini yang digunakan pada aspek product operation terdiri dari 5 faktor yaitu ketepatan (correctness), keandalan (reliability), efisiensi (efficiency), integritas (integrity), dan kegunaan (usability). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik Nonprobability Sampling dan dengan Sampling Jenuh sebagai teknik penentuan sampel sehingga sampel penelitian ini adalah semua pengguna aktif aplikasi ITC Gateway yaitu berjumlah 100 pengguna aktif versi mobile. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dengan 100 responden diperoleh kualitas total Aplikasi ITC Gateway sebesar 79,2% atau dalam kategori baik dengan nilai faktor ketepatan (correctness) sebesar 50,72% atau dalam kategori cukup baik, keandalan (reliability) sebesar 49,52% atau dalam kategori cukup baik, efisiensi (efficiency) sebesar 54,45% atau dalam kategori cukup baik, integritas (integrity) sebesar 41,98% atau dalam kategori cukup baik, dan kegunaan (usability) sebesar 67,2% atau dalam kategori baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Aplikasi, Aplikasi Pembayaran Online, McCall, ITC Gateway
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: RAMADANA
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:59
Last Modified: 03 Aug 2025 06:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83791

Actions (login required)

View Item View Item