Septiani, Herlina (2025) Persepsi Mahasiswa Kampus Mengajar dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Kemandirian Belajar di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (614kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan dinamika globalisasi menuntut mahasiswa memiliki tingkat kemandirian yang tinggi sebagai salah satu kompetensi utama dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan dunia kerja. Program Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diyakini mampu memberikan pengalaman pembelajaran berbasis praktik yang berpotensi meningkatkan kemandirian mahasiswa. Namun demikian, kajian empiris mengenai persepsi mahasiswa terhadap pengaruh program tersebut terhadap perubahan kemandirian, khususnya di lingkungan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap Program Kampus Mengajar serta mengkaji pengaruhnya terhadap perubahan tingkat kemandirian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 40 mahasiswa yang telah mengikuti Program Kampus Mengajar. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap Program Kampus Mengajar dengan perubahan tingkat kemandirian mereka. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 46,757 + 0,933X dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap program tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemandirian. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,158 mengindikasikan bahwa 15,8% variasi dalam perubahan kemandirian mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel persepsi terhadap program. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Program Kampus Mengajar memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemandirian mahasiswa, terutama dalam hal percaya diri, inisiatif, tanggung jawab, dan motivasi. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak perguruan tinggi untuk terus meningkatkan dukungan, fasilitasi, dan pendampingan dalam implementasi program guna memaksimalkan pengembangan karakter dan kemandirian mahasiswa. Technological advancement and globalization dynamics demand that students possess a high degree of self-directed learning as a core competency to face the challenges in both education and the professional world. The Kampus Mengajar Program, a part of the Merdeka Belajar–Kampus Merdeka(MBKM) policy, offers practice-based learning experiences that are believed to enhance students’ independence. However, empirical studies on students’ perceptions of this program and its impact on learning autonomy—particularly in the Economics Education Study Program at Jambi University—remain limited. This study aims to analyze students’ perceptions of the Kampus Mengajar Program and examine its influence on changes in their level of self-directed learning. A descriptive quantitative approach was employed, with data collected via questionnaires distributed to 40 students who had participated in the program. Data analysis techniques included normality tests, linearity tests, and simple linear regression analysis. The results indicate a positive and significant influence of students’ perceptions of the program on changes in their learning independence. The regression equation obtained is Y = 46.757 + 0.933X with a significance value of 0.011 (< 0.05), indicating that students’ perceptions significantly affect their level of self-directed learning. The coefficient of determination (R²) was 0.158, meaning that 15.8% of the variation in learning independence can be explained by the perception variable. It can be concluded that the Kampus Mengajar Program contributes to enhancing student independence, particularly in terms of self-confidence, initiative, responsibility, and motivation. Therefore, it is recommended that universities continue to strengthen support, facilitation, and mentoring in implementing the program to maximize character development and student autonomy.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kampus Mengajar, Kemandirian Belajar, Self-Directed Learning, Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | HERLINA SEPTIANI PUTRI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |