PENGARUH GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MUDA KECAMATAN BAHAR SELATAN

AGUSTIN NINGSIH, WINDY PENGARUH GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MUDA KECAMATAN BAHAR SELATAN. JURNAL PENGARUH GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MUDA KECAMATAN BAHAR SELATAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (158kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Agustin Ningsih.Windy.2019. “Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JurusanIlmuPendidikan FKIP Universitas Jambi.Pembimbing I Nyimas Mu’azzomi, S. Ag, M.Pd.I, Pembimbing 2 Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Kata Kunci:Gerak Dan Lagu, Kecerdasan Kinestetik Anak Hasil observasi yang dilakukan di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan pada tanggal 20 September 2018 dari 71 anak, masih terdapat 30 anak kelompok B kecerdasan kinestetiknya belum optimal, anak-anak kurang tertarik dengan apa yang diperintah guru. Karena metode yang digunakan belum menarik anak untuk mengikuti belajar, mereka sering bermain sendiri atau berbicara dengan temannya pada saat guru memberikan instruksi. Pada saat anak diajak untuk berolahraga dalam hal ini yang berhubungan dengan kinestetik, mereka hanya sekedar ikut-ikutan dan cenderung sesuka hatinya. Disini guru harus berperan aktif untuk membimbing anak dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik agar anak dapat berkembang dan terstimulus, selain itu fasilitas belajar anak masih kurang anak hanya bermain saja dan kurang memiliki kelenturan bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 50 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0,1223 yang < dari L tabel 0.1772. Untuk data post test kelompok eksperimen didapat L hitung 0.0787 yang < L tabel 0.1772. Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok control didapat L hitung 0.1264 yang < L tabel 0.1772 sedangkan untuk data post test kelompok control didapat L hitung sebesar 0,0669 yang< L tabel 0.1772, bahwa thitung > ttabel yaitu 6.4465 > 1,6772 . ttabel didapat dari n1+n2 -2 = 48 yang dalam distribusi ttabel didapat nilai 1,6772 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Tunas Muda Kecamata Bahar Selatan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: WINDY AGUSTIN NINGSIH
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:15
Last Modified: 15 Jul 2019 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item View Item