Pengaruh Pendidikan Kesehatan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Menggunakan Teknologi Marker Based Augmented Reality (B-AR Life) terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMAN 1 Jambi

Parawansa, Nur Lutfiah (2025) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Menggunakan Teknologi Marker Based Augmented Reality (B-AR Life) terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMAN 1 Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
SKRIPSI_Nur Lutfiah Parawansa Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah upaya untuk menurunkan risiko henti jantung yang dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh oleh orang biasa dalam situasi darurat. Pengetahuan dan sikap masyarakat, terutama generasi muda, dalam memberikan RJP masih terbatas. Teknologi Augmented Reality (AR) menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan RJP melalui pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan teknologi AR tentang RJP terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA Negeri 1 Jambi. Metode : Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan metode One Group Pre-Test-Post Test. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan cluster sampling. Intervensi berupa pendidikan kesehatan menggunakan teknologi AR dilaksanakan pada 19-18 Maret 2025 di SMA Negeri 1 Jambi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil : Sebelum intervensi, mayoritas siswa memiliki pengetahuan kurang (90%) dan sikap cukup (97,5%). Setelah intervensi, pengetahuan meningkat dengan 72,5% siswa berada pada kategori baik, dan sikap meningkat dengan 82,5% siswa berada pada kategori baik. Uji statistik menunjukkan nilai p-value < 0,05 pada pengetahuan dan sikap. Nilai Cohen’s d untuk pengetahuan adalah 3.114 (pengaruh besar) dan untuk sikap adalah 2.893 (pengaruh besar). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan mengenai Resusitasi Jantung Paru (RJP) menggunakan teknologi Marker Based Augmented Reality (AR) terbukti meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMAN 1 Jambi terhadap RJP. Penggunaan teknologi AR yang interaktif dan menarik yang mempermudah siswa dalam memahami dan mengingat langkah-langkah RJP dengan lebih baik. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, RJP ABSTRACT Background : Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) is an effort to reduce the risk of cardiac arrest that can be performed by anyone, including bystanders, in emergency situations. The knowledge and attitudes of the public, especially the younger generation, in providing CPR are still limited. Augmented Reality (AR) technology offers an innovative solution to enhance understanding and CPR skills through interactive and engaging learning. This study aims to measure the impact of AR-based health education on CPR knowledge and attitudes among students at SMA Negeri 1 Jambi. Methods : This study used a pre-experimental design with a One Group Pre-Test-Post Test method. A sample of 40 students was selected using cluster sampling. The intervention, consisting of AR-based health education on CPR, was conducted from March 19 to 18, 2025, at SMA Negeri 1 Jambi. Data analysis was performed using the paired sample t-test. Results : Before the intervention, the majority of students had limited knowledge (90%) and adequate attitudes (97.5%). After the intervention, knowledge improved, with 72.5% of students in the good category, and attitudes increased, with 82.5% of students in the good category. The statistical test showed a p-value < 0.05 for both knowledge and attitudes. The Cohen's d value for knowledge was 3.114 (large effect size) and for attitude was 2.893 (large effect size). Conclusion : Health education on CPR based on Marker-Based Augmented Reality (AR) has been proven to improve the knowledge and attitudes of students at SMA Negeri 1 Jambi regarding CPR, with AR technology facilitating better understanding and retention of CPR steps. Keywords : Attitude, Cardiopulmonary Resuscitation, Knowledge

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attitude, Cardiopulmonary Resuscitation, Knowledge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Parawansa
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:37
Last Modified: 02 Aug 2025 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83936

Actions (login required)

View Item View Item