PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

EVVI YANA, IRMA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (198kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Yana, Irma Evvi. Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Hardjono, M.Pd.,(II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd., Kata kunci: Model Example Non Example, Keterampilan Menulis Teks Persuasif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model example non example terhadap keterampilan menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tehnik eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan desain Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai dari kelas eksperimen (83,41) dan nilai rata-rata kelas kontrol (67,61). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh thitung 2,4369 > ttabel = 1,6706 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran example non example terhadap keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran example non example pada proses pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan pengaruh belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: irma evvi yana
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:08
Last Modified: 15 Jul 2019 06:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item