PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN 1922-1957

OCTANIATI, OVI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN 1922-1957. JURNAL PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN 1922-1957.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (355kB)

Abstract

ABSTRAK Octaniati, Ovi. 2019. Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Bidang Pendidikan 1922-1957: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs.Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd., (2) Nelly Indrayani, M.Hum Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan, Ki Hajar Dewantara. Upaya mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional serta sistem pembelajaran penyelenggara pendidikan harus kembali berpedoman dengan benar dan memperhatikan apa yang telah di rancang oleh Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor lahirnya pendidikan di Indonesia dan melihat implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Bidang Pendidikan 1922-1957, mengetahui pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan dan Implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode sejarah dengan tahapan kerja heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam bidang pendidikan sangat berpengaruh besar di Indonesia hal ini dibuktikan dengan mendirikian Tamansiswa, diangkat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan pada tahun 1950 sebagai menteri pendidikan pertama dibawah pimpinan Ir. Soekarno, pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu Sistem pendidikan seperti metode among, asas dan dasar pendidikan pendidikan, fatwa-fatwa Ki Hadjar Dewantara, visi pendidikan dan semboyan-semboyan pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Kesimpulan bahwa Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pendidikan yang luar biasa yang bermanfaat bagi pendidikan generasi muda dan pendidikan pada umumnya.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: OVI OCTANIATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:08
Last Modified: 15 Jul 2019 06:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item