ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH MAN DI KABUPATEN BUNGO

MARIANIS, MARIANIS ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH MAN DI KABUPATEN BUNGO. JURNAL ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH MAN DI KABUPATEN BUNGO.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Marianis, 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah MAN di Kabupaten Bungo. Skripsi, jurusan pendidikan sejarah, FKIP, Universitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Budi purnomo,M.Hum., M.Pd. Pembimbing: (II) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :Kompetensi Pedagogik, Guru Sejarah Kompetensi pedagogik merupakan pemahamn guru terhadap siswa, kompetensi pedagogik yang dikaji disini yaitu kompetensi pedagogik guru sejarah MAN di kabupaten bungo yang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang terdiri 10 kompetensi. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Bungo dan MAN 2 Bungo, dimana terdapat beberapa orang guru sejarah yang mengajar sejarah dan ada juga guru yang mengajar sejarah tetapi bukan dari latar belakang pendidikan sejarah. Makadari peneliti ingin melihat bagaimana kompetensi yang dimiliki oleh guru sejarah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru sejarah, kendala-kendala yang dialami guru sejarah serta solusi yang dapat dilakukan oleh guru sejarah. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif, dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Uji Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan kompetensi pedagogik didalam pembelajaran pada poin (6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai yang dimiliki, (7) Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan pesertadidik, (8) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, (9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan (10) Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatan kualitas pembelajaran. Sudah terlaksanakan dengan baik. Akan tetapi pada poin (1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual,masih mempunyai kendala seperti masih sulit mengetahui karakter siswa. (2) Menguasai teori belajar danpr insip-prinsip pembelajaran yang mendidik, masih mempunyai kendala guru belum memahami teori-teoru belajar. (3) Mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu, masih mempunyai kendala seperti dalam pembuata RPP. dan (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, masih mempunyai kendala seperti kurang nya sarana dan prasana. Kesimpulan bahwa guru sejarah MAN di kabupaten bungo sudah melaksanakan kompetensi pedagogik dengan baik. Akan tetapi pada poin (1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual. (2) Menguasai teori belajar danpr insip-prinsip pembelajaran yang mendidik, (3) Mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu, (4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Masih mempunyai kendala, dan bisa diatasi dengan solusi-solusi yang sesuai dengan kendala yang dihadapi oleh guru.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: MARIANIS
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:54
Last Modified: 15 Jul 2019 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8408

Actions (login required)

View Item View Item