PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI

PUSPITA SARI, ANGGRAINI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (41kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Anggraini Puspita. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Time Token Terghadap Kemampuan Berdebat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M. Hum., Ph. D. dan Pembimbing II Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. Kata kunci: Model Time Token, Kemampuan Berdebat Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model time token terhadap kemampuan berdebat pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design) dengan rancangan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Mauro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai dari kelas eksperimen (74,03) dan rata-rata nilai dari kelas kontrol (67,78). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh thitung = 2,9154 sedangkan ttabel = 1,6690. Kriteria pengujiannya jika thitung > ttabel (2,9154 > 1,6690) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh pengunaan model time token terhadap hasil pembelajaran debat pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembejaran time token terhadap kemampuan berdebat pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan metode time token dalam pembelajaran debat karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berdebat

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGRAINI PUSPITA SARI
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:23
Last Modified: 15 Jul 2019 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item View Item