Kewenangan Ombudsman Perwakilan Jambi Dalam Penyelesaian Pengaduan Pelayanan Publik Di Kota Jambi

Sebayang, Regina (2025) Kewenangan Ombudsman Perwakilan Jambi Dalam Penyelesaian Pengaduan Pelayanan Publik Di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Scan.RAS.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (842kB)
[img] Text
ABSTRAK RAS.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I ..pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV ..pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ..pdf

Download (262kB)
[img] Text
SKRIPSI RAS.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI RAS.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kewenangan Ombudsman Perwakilan Jambi dalam menangani pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan publik yang berada di Kota Jambi serta mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaannya. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh masih maraknya praktik maladministrasi oleh penyelenggara pelayanan publik. Ombudsman sebagai lembaga negara yang independen memiliki mandat untuk mengawasi dan menindaklanjuti pengaduan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yuridis empiris dengan data primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder melalui studi pustaka terhadap peraturan perundang-undangan dan literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Ombudsman Perwakilan Jambi belum menjalankan kewenangannya sesuai yang sebagaimana telah diatur dalam ketentuan undang-undang. Karena pada kenyataannya dalam praktik pelaksanaan tersebut belum sepenuhnya optimal, khususnya dalam tahapan pemberian rekomendasi, dalam tiga tahun terakhir di Kota Jambi tidak menunjukkan adanya rekomendasi yang dikeluarkan oleh Ombudsman Perwakilan Jambi. Serta saran yang diberikan Perlunya penguatan pelaksanan kewenangan Ombudsman dalam pemberian rekomendasi sebagai instrument penting untuk mendorong perbaikan sistem dan perilaku dari penyelenggara pelayanan publik, supaya setiap laporan yang memenuhi syarat seharusnya ditindaklanjuti dengan rekomendasi yang tegas, terstruktur dan dapat dipantau dalam pelaksannaanya. Kata Kunci: Kewenangan, Penyelesaian Pengaduan, Pelayanan Publik. This study aims to analyze the authority of the Jambi Ombudsman Representative Office in handling public complaints regarding public services in Jambi City and to identify obstacles in its implementation. The background of this study is based on the still rampant practice of maladministration by public service providers. The Ombudsman as an independent state institution has a mandate to supervise and follow up on complaints as regulated in Law Number 25 of 2009 concerning Public Services. The approach used in this study is an empirical juridical approach with primary data obtained through interviews and secondary data through library studies of relevant laws and literature. The results of the study indicate that the Jambi Ombudsman Representative Office has not exercised its authority as stipulated in the provisions of the law. Because in practice, the implementation has not been fully optimal, especially in the stage of providing recommendations, in the last three years in Jambi City there has been no recommendation issued by the Jambi Ombudsman Representative Office. As well as the suggestions given, the need to strengthen the implementation of the Ombudsman's authority in providing recommendations as an important instrument to encourage improvements in the system and behavior of public service providers, so that every report that meets the requirements should be followed up with recommendations that are firm, structured and can be monitored in its implementation. Keywords: Authority, Complaint Resolution, Public Service.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kewenangan, Penyelesaian Pengaduan, Pelayanan Publik.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: SEBAYANG
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:39
Last Modified: 15 Jul 2025 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84177

Actions (login required)

View Item View Item