IWATATY, ANGGUN IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF TENTANG BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI. JURNAL IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF TENTANG BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (610kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (929kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (72kB) |
Abstract
ABSTRAK Iwataty, Anggun. 2019. Identifikasi Perkembangan Kognitif Tentang Berfikir Simbolik Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. K. A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., Kata kunci : Identifikasi, Perkembangan Kognitif, Berfikir Simbolik Masalah daam penelitian di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi ini adalah terdapat 10 dari 15 anak yang perkembangan kognitif tentang berfikir simboliknya belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya perkembangan kognitif tentang berfikir simbolik ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, dimana pemahaman anak terhadap konsep bilangan masih sebatas menghafal saja. Anak usia 5-6 tahun sudah dapat menyebutkan bilangan 1-10 secara berurutan dengan tepat. Namun saat diminta menunnjukkan lambang bilangannya anak tidak dapat menunjukkannya dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif tentang berfikir simbolik anak usia dini Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Berfikir simbolik merupakan salah satu aspek perkembangan kognitif yang penting untuk dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Berfikir simbolik berada pada tahapan praoperasional ditandai dengan perkembangan kemampuan menggunakan simbol-simbol untuk melambangkan objek di dunia ini. Berfikir simbolik mencakup kemampuan mengenal, menyebutkan, dan menggunakan konsep bilangan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif, yang dalam penelitian ini dilakukan tanpa memberikan perlakukan dalam bentuk apapun kepada sampel penelitian. Sampel penelitian ini dimabil dengan teknik total sampling yang berjumlah sebanyak 15 anak di kelas B1. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul maka di analisis menggunakan teknik analisis statistik data kuantitatif dengan table persentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa identifikasi perkembangan kognitif tentang berfikir simbolik anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi berada pada tingkatan “Sangat Tinggi” dengan rata-rata hasil persentase sebersar 91%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator penelitian dapat diketahui bahwa pada aspek menyebutkan lambang bilangan 1 sampai 10 berada pada tingkatan “Sangat Tinggi” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 93%. Dalam aspek menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berada pada tingkatan “Tinggi” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 87%. Selanjutnya dalam aspek mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan berada pada tingkatan “Sangat Tinggi” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 90%. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perkembangan kognitif tentang kemampuan berfikir simbolik anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi berada pada tingkatan “Sangat Tinggi”.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGUN IWATATY |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 07:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 07:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8420 |
Actions (login required)
View Item |