Hubungan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi di FKIK Universitas Jambi

Aini, Iffah Nurul (2025) Hubungan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi di FKIK Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar belakang: Mahasiswa dalam proses mengerjakan skripsi akan berhadapan dengan kesulitan dan tantangan yang akan memunculkan stressor. Salah satu dampak yang akan timbul jika mahasiswa mengalami stres akademik adalah perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan stres akademik dengan prokrastinasi akademik. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan responden sebanyak 96 mahasiswa semester 8 angkatan tahun 2021. Stres akademik diukur menggunakan instrumen Student-life Stress Inventory (SSI) dan prokrastinasi akademik diukur menggunakan instrumen Academic Procrastination Scale (APS). Analisa data menggunakan uji statistik Kendall Tau. Hasil: Hasil uji korelasi Kendall Tau diperoleh nilai p value 0,026<0,05 dengan nilai koefisien korelasi 0,161 menunjukkan terdapat hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di FKIK Universitas Jambi. Kesimpulan: Stres akademik yang dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi jika tidak dapat dikontrol maka akan menimbulkan perilaku prokrastinasi akademik. Disarankan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi tidak melakukan prokrastinasi akademik agar dapat lulus tepat waktu. Kata Kunci: Mahasiswa, prokrastinasi akademik, stres akademik. ABSTRACT Background: Students in the process of working on their thesis will face difficulties and challenges that will give rise to stressors. One of the impacts that will arise if students experience academic stress is academic procrastination behavior. The purpose of this study is to see the relationship between academic stress and academic procrastination. Method: This study used a quantitative method with a cross-sectional research design. The sampling technique used the probability sampling method with a simple random sampling technique with 96 respondents from the 8th semester of 2021 intake. Academic stress was measured using the Student-life Stress Inventory (SSI) instrument and academic procrastination was measured using the Academic Procrastination Scale (APS) instrument. Data analysis used the Kendall Tau statistical test. Results: The results of the Kendall Tau correlation test obtained a p value of 0.026<0.05 with a correlation coefficient value of 0.161 indicating that there is a relationship between academic stress and academic procrastination in students who are working on their thesis at the Faculty of Medicine, Jambi University. Conclusion: Academic stress experienced by students who are working on their thesis if it cannot be controlled will cause academic procrastination behavior. It is recommended that students who are working on their thesis do not do academic procrastination so that they can graduate on time. Keywords: Academic procrastination, academic stress, students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, prokrastinasi akademik, stres akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: AINI
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:37
Last Modified: 01 Aug 2025 12:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84205

Actions (login required)

View Item View Item