IDENTIFIKASI SISTEM PENILAIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI

DWI SUSANTI, INDRI IDENTIFIKASI SISTEM PENILAIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI. JURNAL IDENTIFIKASI SISTEM PENILAIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Susanti, Indri Dwi. 2019. Identifikasi Sistem Penilaian Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. K. A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I dan Pembimbing II Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Kata Kunci : Identifikasi, Sistem Penilaian Berdasarkan hasil pengamatan awal di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi diketahui bahwa di TK tersebut menerapkan penilaian yang berdasarkan kurikulum 2013 PAUD. Namun hal tersebut belum berjalan secara optimal, masih belum optimalnya pelaksanaan penilaian tersebut terlihat dari kurangnya persiapan guru dalam menyiapkan instrumen penilaian yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem penilaian anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur capaian kegiatan belajar anak. Mekanisme penilaian anak usia dini mencakup penilaian proses dan hasil, teknik dan instrumen penilaian, waktu penilaian, pengolahan penilaian dan pelaporan pencapaian hasil perkembangan dan pertumbuhan anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif, dan dilakukan tanpa memberikan perlakuan dalam bentuk apapun kepada sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan sampel berjumlah 6 orang guru kelas di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik data kuantitatif dengan tabel persentase. Hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan diketahui bahwa Identifikasi Sistem Penilaian Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi berada pada kualitas “Baik” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 87%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator penelitian, dapat diketahui bahwa pada aspek teknik dan instrumen penilaian berada pada kualitas “Baik” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 82%. Pada aspek waktu penilaian berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 100%. Pada aspek pengolahan hasil penilaian berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 96%. Pada aspek pelaporan hasil penilaian berada pada kualitas “Baik” dengan rata-rata hasil persentase sebesar 83%. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem penilaian anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi berada pada kualitas “Baik”.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INDRI DWI SUSANTI
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:11
Last Modified: 15 Jul 2019 08:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item