PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII B MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

DWI OKTAVIADI, SABDA PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII B MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII B MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (125kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (446kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 1 print.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 5 print.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Kelas VIII B Melalui Layanan Penguasaan Konten di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Nama : Sabda Dwi Oktaviadi NIM : A1E114045 Pembimbing : 1. Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd 2. Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Metode Diskusi Kelompok Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui layanan penguasaan konten kelas VIII B SMPN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang memiliki kreativitas belajar rendah yaitu 25 orang siswa yang diambil berdasarkan rekomendasi guru pembimbing. Kreativitas belajar merupakan salah satu indicator keberhasilan siswa dalam belajar yang memegang peranan penting dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran. Sebab, tanpa adanya kreativitas belajar siswa tidak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Layanan penguasaan konten adalah layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetisi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Layanan penguasaan konten sendiri dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kreativitas belajar pada siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Lembar observasi yang digunakan untuk menilai proses tindakan berjumlah 20 pernyataan dan angket yang digunakan untuk menilai hasil tindakan berjumlah 31 pernyataan dengan dua pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Dari hasil penelitian diperoleh presentase kreativitas belajar siswa sebelum pelaksanaan layanan adalah 14,6% dengan tingkatan rendah, kemudian meningkat sebesar 8,2% menjadi 22,8% dengan tingkatan rendah pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,8% menjadi 41,3% berada pada tingkatan sedang dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 12,3% menjadi 53,6% berada pada tingkatan sedang. ABSTRACT Judul : Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Kelas VIII B Melalui Layanan Penguasaan Konten di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Nama : Sabda Dwi Oktaviadi NIM : A1E114045 Pembimbing : 1. Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd 2. Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Keywords: Learning Creativity, Group Discussion Method This study aims to improve student learning creativity through the mastery service of class VIII B content at Muaro Jambi Middle School 1. This type of research is service action research (PTL). The subjects of this study were class VIII B students who had low learning creativity, namely 25 students who were taken based on the recommendation of the supervising teacher. Learning creativity is one indicator of student success in learning which plays an important role in achieving learning success. Because, without the creativity of learning students cannot develop their potential. Content mastery services are services that help students master certain content, especially competition and or habits that are useful in life in school, family, and society. Content mastery service itself can be used as one of the media to improve student creativity. Data collection techniques used in this study include observation, interviews, and field notes. The observation sheet used to assess the action process amounted to 20 statements and questionnaires that were used to assess the results of the actions totaling 31 statements with two choices of answers namely "Yes" and "No". From the results of the study obtained the percentage of students' learning creativity before the implementation of services is 14.6% with low levels, then increased by 8.2% to 22.8% with low levels in the first cycle, in the second cycle experienced an increase of 18.8% to 41.3% are at a moderate level and in the third cycle increased by 12.3% to 53.6% at a moderate level.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SABDA DWI OKTAVIADI
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:16
Last Modified: 16 Jul 2019 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8427

Actions (login required)

View Item View Item