Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi.

Alifa, Nadya Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Universitas Jambi.

[img] Text
Dokumen pengesahan nadya.pdf

Download (331kB)
[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Alifa, Nadya. 2019. Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd. (II) Liza Septa Wilyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Picture and Picture, Menulis Teks Persuasi. Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis teks persuasi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi setelah adanya penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini memiliki data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, karena data yang ada berupa angka dan diikuti penjabaran setelahnya. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sama banyak, yakni seluruh Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 38 siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis teks persuasi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Pada Siklus I, 16% siswa tidak terampil dalam menulis teks persuasi, 58% siswa kurang terampil, 26% siswa terampil, dan tidak ada satupun siswa yang sangat terampil dalam menulis teks persuasi. Pada Siklus II, siswa yang tidak terampil dalam menulis teks persuasi menurun menjadi 8%, siswa yang kurang terampil menjadi 23%, siswa yang terampil meningkat menjadi 38%, dan siswa yang sangat terampil menjadi sebanyak 31%. Pada Siklus III, tidak ada lagi siswa yang tidak terampil dalam menulis teks persuasi, sebanyak 8% siswa kurang terampil, 24% siswa terampil, dan 68% siswa sangat terampil dalam menulis teks persuasi. Keterampilan menulis teks persuasi pada Siswa Kelas VIII D mengalami peningkatan setiap siklusnya dikarenakan adanya penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi, karena adanya kesesuaian antara materi ajar dengan model pembelajaran yang digunakan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NADYA ALIFA
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:16
Last Modified: 16 Jul 2019 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8430

Actions (login required)

View Item View Item