Siregar, Lorisa PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (388kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK Siregar, Lorisa. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Poster Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Pembimbing I Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. Pembimbing II Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Kata Kata Kunci: Media Gambar Poster, Menulis Persuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar poster terhadap Keterampilan menulis teks persuasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi pada Febuari 2019. penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan dua kelompok, yakni kelompok uji coba (eksperimen) dan kelompok kontrol dengan maksud meibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah variabel yang melaksananakan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media gambar poster, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis teks persuasi. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media gambar poster terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Hal ini ditunjukan dengan hasil kelas eksperimen yang mendapat nilai rata rata 72,52 dan siswa kontrol mendapat nilai rata-rata 63,07 setelah uji hipotesis menggunakan uji-t T hitung sebesar 3.13 sedangkan T tabel dengan signifikan 0.05 dan dk 52 sebesar 1,6747 kriteria pengujian kita T hitung> T tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu T hitung sebesar 3.13 lebih besar dari pada T tabel sebesar 1,6747 berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian ini ada pengaruh signifikan media gambar poster terhadap keterampilan menulis teks persuasi. Saran yang dapat diajukan adalah menggunakan media gambar poster dalam pembelajaran menulis teks persuasi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LORISA SIREGAR |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 01:16 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 01:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |