ANALISIS FAKTOR DAYA PADA BUS 6.3 KV DENGAN PENAMBAHAN KAPASITOR SEBAGAI PERBAIKAN FAKTOR DAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP DI PT DSSP POWER SUMSEL V

Akbar, Fauzan (2025) ANALISIS FAKTOR DAYA PADA BUS 6.3 KV DENGAN PENAMBAHAN KAPASITOR SEBAGAI PERBAIKAN FAKTOR DAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP DI PT DSSP POWER SUMSEL V. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (784kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam dunia industri pembangkitan tenaga listrik, keandalan dan efisiensi sistem kelistrikan menjadi faktor yang sangat krusial. Salah satu parameter penting yang berpengaruh terhadap efisiensi sistem adalah faktor daya (power factor). Faktor daya mencerminkan seberapa efektif suatu sistem tenaga listrik dalam mengubah daya listrik menjadi kerja nyata. Semakin tinggi nilai faktor daya, semakin efisien pula sistem tersebut dalam memanfaatkan daya listrik yang dikonsumsi. Sebaliknya, nilai faktor daya yang rendah menunjukkan dominasi daya reaktif yang besar, yang tidak menghasilkan kerja nyata namun tetap membebani sistem. PT DSSP Power Sumsel V, sebagai salah satu PLTU yang beroperasi di Sumatera Selatan, memiliki sistem kelistrikan internal yang terdiri dari beberapa bus tegangan menengah, salah satunya adalah bus 6.3 kV yang digunakan untuk menyuplai beban motor dan peralatan lainnya. Dari hasil pengamatan awal, diketahui bahwa nilai faktor daya pada bus ini cenderung berada di bawah nilai optimal, yakni < 0.90 lagging. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada penurunan efisiensi operasional tetapi juga berpotensi menimbulkan penalti dari pihak penyedia jaringan jika tidak dilakukan perbaikan. Salah satu metode yang umum digunakan untuk memperbaiki faktor daya adalah dengan penambahan kapasitor bank sebagai kompensator daya reaktif. Pemilihan dan penempatan kapasitor yang tepat dapat meningkatkan faktor daya hingga mendekati nilai ideal (≥ 0.95), menurunkan arus total sistem, mengurangi kerugian daya, dan meningkatkan kapasitas sistem dalam mendistribusikan daya aktif. Kondisi bus 6.3 KV sebelum ditambahkan kapasitor sebagai perbaikan faktor daya dengan nilai faktor daya sebesar 89.42%, arus sebesar 1053 A, tegangan sebesar 6281 V, daya aktif sebesar 10243.5 KW, daya Reaktif sebesar 5120 KVAR dan daya semu sebesar 11453 KVA. Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan faktor daya pada bus 6.3 KV dari nilai awal 0.89 menjadi besar dari 0.95 atau mendekati 1, dibutuhkan pemasangan kapasitor dengan muatan sebesar 2141 KVAR (3 x 63.10µF). Pengaruh setelah penambahan kapasitor pada bus 6.3 KV yaitu : faktor daya menjadi 0.96 sudut pada segitiga daya mengalami penurunan menjadi 16.26° dengan daya yang dibutuhkan motor induksi meliputi daya reaktif sebesar 3260 KVAR, daya semu sebesar 10670 KVA, sedangkan daya reaktif ketika faktor daya menjadi 0.96 (Qcap) sebesar 2141 KVAR dengan nilai kapsitansi kapasitor sebesar 3 x 63.10µF Kata Kunci : Faktor daya, Kapasitor, bus 6.3 KV

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor daya, Kapasitor, bus 6.3 KV
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AKBAR
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:18
Last Modified: 16 Jul 2025 01:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84459

Actions (login required)

View Item View Item