MUNTHE, CHRISTYANA PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI.
Text
1. COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
halaman pengesahan.docx Download (19kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK Christyana Munthe. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Dr. Akmal Sutja M.Pd., (II) Robi Hendra S.Pd, M.Pd. Kata kunci: motivasi kerja, kinerja guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja guru di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 guru. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likers yang memiliki 5 alternatif jawaban yang terdari atas 65 item pernyataan. Dengan masing-masing variabel motivasi kerja sebanyak 32 item pernyataan, dan kinerja guru sebanyak 33 item pernyataan. Dari sebanyak 20 guru digunakan untuk uji coba instrument penelitian dan. Uji validitas instumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 22. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Uji pesyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, linearitas. Besaran pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja adalah 0,917 pada Sig. 0,000. Terlihat juga bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel yaitu 10,614 > 1,995. Selain itu untuk melihat pengaruh antar variabel dapat juga dilihat dari nilai signifikansinya yang kurang dari nilai alpha yaitu 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi kerja (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja (Y). Hasil penelitian menunjukkan: bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 62,0% dan sisanya sebesar 38,0% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini disarankan guru agar guru hendaknya dapat meningkatkan motivasi dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan juga efisien sehingga kinerja guru juga akan meningkat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CHRISTYANA MUNTHE |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 02:59 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8448 |
Actions (login required)
View Item |