NAMORA ARITONANG, CHRISYANTO ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2.
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Aritonang, Chrisyanto. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Group Investigation dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di Kelas X MIA SMA Xaverius 2. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembing I : Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing II : Afrida,S.Si,M.Si Kata Kunci : Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis dan Larutan Elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis dikarenakan siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran kimia khususnya materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sehingga nilai yang diperoleh kurang optimal. Oleh sebab itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya adalah model pembelajaran tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA SMA Xaverius 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kolerasional dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model Group Investigation dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji kolerasi dan dengan uji koefisien determinasi untuk melihat pengaruh. Keterlaksanaan model Group Investigation oleh guru memiliki persentase sebesar 79,1667% dikategorikan baik, persentase model oleh siswa sebesar 70,26% dikategorikan baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 68,22% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,866222531 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Untuk melihat pengaruh dilakukan dengan uji koefisien determinasi (r2) = 75,03341473 dengan tingkat pengaruh kuat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterlaksanaan model Group Investigation berjalan dengan baik serta berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA Xaverius 2.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CHRISYANTO NAMORA A |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 04:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8452 |
Actions (login required)
View Item |