MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 BATANGHARI DALAM MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN

ASTINA PUTRI, DINI MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 BATANGHARI DALAM MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 BATANGHARI DALAM MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN.

[img] Text
COVER BENAR.docx

Download (239kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Dini Astina 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Batanghari dalam Memerankan Isi Fabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd., (II) Drs. H. Agus Salim, M.Pd., Kata Kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Memerankan, Isi Fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Batanghari Tahun Ajaran 2018/2019 dalam memerankan isi fabel menggunakan model pembelajaran bermain peran dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa memerankan isi fabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Batanghari pada Februari 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi pengamatan penilaian pemeranan isi fabel yang dianalisis menggunakan rumus p1 + p2 data analisis secara penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam memerankan isi fabel meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 25% dari awalnya hanya 20,68% yang tuntas pada pratindakan setelah dilakukan tindakan siklus 1 menjadi 45% siswa yang tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75 berjumlah 9 orang dari (31,34%). Untuk mengatasi kekurangan pada siklus I dan untuk mencapai kriteria keberhasilan tindakan maka dilaksanakan di siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 75% dibandingkan kemampuan memerankan isi fabel pada siklus I. Dari hasil ini diperoleh kesimpulan bahwa kriteria keberhasilan sudah tercapai dimana 75% siswa telah mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Peneliti melakukan siklus III untuk menyempurnakan kemampuan memerankan isi fabel siswa dan pada siklus III ini sudah terapai 90% melampaui kriteria ketuntasan minimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: dini astina putri
Date Deposited: 16 Jul 2019 07:21
Last Modified: 16 Jul 2019 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item