ASTINA PUTRI, DINI MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 BATANGHARI DALAM MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 BATANGHARI DALAM MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN.
Text
COVER BENAR.docx Download (239kB) |
|
Text
PENGESAHAN.docx Download (434kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Dini Astina 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Batanghari dalam Memerankan Isi Fabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd., (II) Drs. H. Agus Salim, M.Pd., Kata Kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Memerankan, Isi Fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Batanghari Tahun Ajaran 2018/2019 dalam memerankan isi fabel menggunakan model pembelajaran bermain peran dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa memerankan isi fabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Batanghari pada Februari 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi pengamatan penilaian pemeranan isi fabel yang dianalisis menggunakan rumus p1 + p2 data analisis secara penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam memerankan isi fabel meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 25% dari awalnya hanya 20,68% yang tuntas pada pratindakan setelah dilakukan tindakan siklus 1 menjadi 45% siswa yang tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75 berjumlah 9 orang dari (31,34%). Untuk mengatasi kekurangan pada siklus I dan untuk mencapai kriteria keberhasilan tindakan maka dilaksanakan di siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 75% dibandingkan kemampuan memerankan isi fabel pada siklus I. Dari hasil ini diperoleh kesimpulan bahwa kriteria keberhasilan sudah tercapai dimana 75% siswa telah mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Peneliti melakukan siklus III untuk menyempurnakan kemampuan memerankan isi fabel siswa dan pada siklus III ini sudah terapai 90% melampaui kriteria ketuntasan minimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | dini astina putri |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 07:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |