Penerapan prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi

Hidayati, Lega Penerapan prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi. JURNAL Penerapan prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi.

[img] Text
cover dsb-dikonversi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Lega. 2019. Penerapan prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mujiyono Wiryoyinoyo, M. Pd., (II) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata kunci: Pragmatik, prinsip kerja sama, diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa yang berupa (1) pematuhan prinsip kerja sama, (2) pelanggaran prinsip kerja sama, serta (3) faktor penyebab terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Muaro Jambi pada Januari 2019. Data penelitian ini berupa tuturan siswa dalam berdiskusi. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru di kelas IX F. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan menggunakan teknik padan pragmatik. Keabsahan data diperoleh melalui validasi teman sejawat dan meningkatkan ketekunan, kesungguhan dalam pengamatan. Hasil penelitian pada siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi yaitu tiga hal. Pertama, pematuhan prinsip kerja sama meliputi pematuhan maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Secara keseluruhan pematuhan prinsip kerja sama terdapat 19 data, maksim yang paling banyak dipatuhi adalah maksim hubungan. Kedua, pelanggaran prinsip kerja sama meliputi pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Secara keseluruhan penyimpangan prinsip kerja sama terdapat 8 data, maksim yang paling banyak dilanggar adalah maksim hubungan. Ketiga, faktor penyebab pelanggaran prinsip kerja sama dalam berdiskusi siswa kelas IX F SMP N 1 Muaro Jambi, diketahui terdapat 4 faktor penyebab, yaitu bahasa yang digunakan campuran, kurang percaya diri, kurang menguasai topik, dan emosi Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru agar menambahkan prinsip kerja sama kedalam RPP ataupun metode dalam mengajar bahasa Indonesia terutama dalam materi tentang diskusi, agar kemampuan berbicara siswa lebih meningkat dengan mematuhi prinsip kerja sama sehingga pembicaraan menjadi jelas, berhubungan sehingga tidak keluar dari topik pembicaraan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LEGA HIDAYATI
Date Deposited: 16 Jul 2019 07:58
Last Modified: 16 Jul 2019 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item