Pengaruh Kualitas dan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan

NANCI AVISHA, LAURA (2025) Pengaruh Kualitas dan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan. S1 thesis, administrasi pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (411kB)

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mendukung proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kualitas layanan perpustakaan yang mencakup ketersediaan koleksi, fasilitas fisik, pemanfaatan teknologi informasi, serta kompetensi pustakawan, menjadi faktor kunci dalam menciptakan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas dan layanan perpustakaan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa pada Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi. Meskipun program studi tersebut menunjukkan capaian akademik tinggi, pemanfaatan perpustakaan masih tergolong rendah akibat kurangnya kesadaran mahasiswa terhadap fungsi dan layanan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan mahasiswa aktif sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur persepsi mahasiswa terhadap dimensi kualitas layanan perpustakaan, serta tingkat kepuasan yang dirasakan. Hasil penelitian diharapkan dapat mengidentifikasi indikator layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan mutu layanan perpustakaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan manajemen perpustakaan di lingkungan pendidikan tinggi, khususnya dalam mengoptimalkan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan akademik mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Avisha
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:42
Last Modified: 02 Aug 2025 05:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84607

Actions (login required)

View Item View Item