PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI

HENI TAMARA SARI, DINDA PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
PENGESAHAN.doc

Download (844kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dinda Heni Tamara. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar, M. Pd. (II) Drs. Andiopenta Purba, M. Hum.,M.Div. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair and Share, Menulis cerpen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 100 siswa. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah masing-masing 32 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 79,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 76,46. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 4,8045 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,6706. Kriteria pengujian jika thitung>ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dinda Heni Tamara Sari
Date Deposited: 16 Jul 2019 09:04
Last Modified: 16 Jul 2019 09:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8471

Actions (login required)

View Item View Item