IRWANTO, ADE KLASIFIKASI KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA BERDASARKAN AUM PTSDL DI SMP N 8 KOTA JAMBI. JURNAL KLASIFIKASI KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA BERDASARKAN AUM PTSDL DI SMP N 8 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
![]()
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (255kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) |
|
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Klasifikasi Kesulitan Belajar yang dialami Siswa berdasarkan AUM PTSDL di SMP N 8 Kota Jambi Nama : Ade Irwanto NIM : ERA1D012079 Pembimbing 1 : Prof. Dr. Hj. Emosda M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Rasimin, M.Pd Kurang nya kemampuan siswa dalam hal menerima pelajaran mengakibatkan siswa tidak dapat mencapai hasil yang telah ditentukan dalam pencapaian kelulusan nilai serta mengalami kesulitan dalam belajar. Dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, masalah belajar yang di alami siswa baik di sekolah dasar, maupun sekolah menengah dapat diketahui dengan aplikasi instrument yang terdapat pada Bimbingan dan Konseling yaitu aplikasi instrument Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL. Kesulitan belajar merupakan segala bentuk hambatan yang dialami oleh seseorang yang menyebabkan seseorang tersebut mengalami kegagalan dalam pencapaian hasil belajar atau tidak tercapainya hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL merupakan alat yang digunakan untuk mengungkapkan masalah-masalah khusus yang berkaitan dengan upaya dan penyelenggaraan kegiatan belajar. Komponen bidang pada AUM PTSDL yang digunakan untuk mengklasifikasikan masalah atau kesulitan belajar terdiri dariprasyarat penguasaan materi pelajaran, keterampilan belajar, sarana belajar, keadaan diri pribadi, lingkungan belajar dan sosio-emosional. penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan presentase. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 144 orang dengan teknik pengambilan sample secara simple random sampling yakni diambil secara acak sesuai ukuran representatif dengan cara setiap orang berpeluang sama untuk jadi sampel. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa AUM PTSDL. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 50,69% dengan kategori proporsi “sebagian” dari siswa di SMP N 8 Kota Jambi mengalami kesulitan atau masalah belajar dalam bidang Prasyarat dan Penguasaan Materi Pelajaran. Sebesar 53,96% dengan proporsi “sebagian” dari siswa di SMP N 8 Kota Jambi mengalami kesulitan atau masalah belajar dalam Keterampilan Belajar, sebesar 45,14% dengan kategori proporsi “Sebagian” siswa di SMP N 8 Kota Jambi mengalami masalah atau kesulitan belajar pada bidang Sarana Belajar, sebesar 54,91% dengan kategori proporsi “sebagian” dari siswa di SMP N 8 Kota Jambi mengalami kesulitan atau masalah belajar dalam bidang Diri Pribadi, dan sebesar 54,31% dengan kategori proporsi “sebagian” dari siswa di SMP N 8 Kota Jambi mengalami kesulitan atau masalah belajar dalam bidang Lingkungan Belajar dan Sosio-Emosinal. Dengan diketahui nya kesulitan belajar apa yang dialami oleh siswa berdasarkan AUM PTSDL guru BK dan pihak terkait dapat memberikan layanan prioritas pada bidang yang mengalami masalah belajar tersebut. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, AUM PTSDL
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ADE IRWANTO |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 02:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |