Saskiah, Icu (2025) Efektifitas Edukasi Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Praktek Pemberian Makan Pada Anak Stunting Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRACT SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI ICU SASKIAH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ICU SASKIAH FULLLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Stunting merupakan masalah gizi kronis yang menghambat pertumbuhan anak. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan ibu tentang pemberian makan yang benar. Di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pinang, terdapat 40 balita stunting dengan faktor penyebab seperti pendidikan ibu, usia, berat badan lahir, pemberian ASI eksklusif, dan pola makan.. Tujuan : Mengetahui efektivitas edukasi melalui buku saku terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang praktik pemberian makan pada anak stunting usia 24–59 bulan Metode : Penelitian kuasi-eksperimen dengan desain satu kelompok pretest dan posttest. Sampel berjumlah 40 ibu yang memiliki anak stunting, diambil menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan Sebelum edukasi, hanya 1 ibu (2,5%) yang memiliki pengetahuan baik. Setelah diberikan edukasi, jumlahnya meningkat menjadi 38 ibu (95%). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z = -5.530 dan p = 0.000, yang berarti ada perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah edukasi. Kesimpulan : Edukasi dengan media buku saku efektif meningkatkan pengetahuan ibu tentang pemberian makan pada anak stunting. Kata Kunci : Buku Saku, Pengetahuan, Praktek Pemberian Makan, Stunting Background : Stunting is a chronic nutritional problem that hinders child growth. One of the causes is the lack of maternal knowledge about proper feeding practices. In the working area of Tanjung Pinang Health Center, there are 40 stunted toddlers. Contributing factors include maternal education, age, birth weight, exclusive breastfeeding, and feeding patterns. Objective : To determine the effectiveness of pocketbook-based education in improving mothers' knowledge about feeding practices for stunted children aged 24–59 months. Method : This study used a quasi-experimental design with one group pretest and posttest. The sample consisted of 40 mothers with stunted children, selected using total sampling. Data were collected using a questionnaire and analyzed with the Wilcoxon test. Results : Before the education, only 1 mother (2.5%) had good knowledge. After the education, the number increased to 38 mothers (95%). The Wilcoxon test showed a Z value of -5.530 and a significance level of p = 0.000, indicating a significant difference in knowledge before and after the education. Conclusion : Education using a pocketbook is effective in increasing mothers' knowledge about feeding practices for stunted children. Keywords : Pocketbook, Knowledge, Feeding Practices, Stunting.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Saku, Pengetahuan, Praktek Pemberian Makan, Stunting |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | ICU SASKIAH |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |