Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2018/2019

Puji Astuti, Ana Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Pembelajaran MEnulis Teks Persuasi dengan pendekatan Saintifik di Kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2018/2019.

[img] Text
Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (646kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Astuti, Ana Puji. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2018/2019: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., (II) Liza Septa Wilyanti, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran, teks persuasi, pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tentang bagaimana pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan pendekatan saintifik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi menulis teks persuasi dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran menulis teks persuasi berdasarkan pendekatan saintifik sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada Februari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengamati pembelajaran menulis teks persuasi dengan pendekatan saintifik di kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks persuasi dengan pendekatan saintifik di kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi sudah terlaksana dengan baik namun kurang dalam proses evalusi. Dalam aspek perencanaan pembelajaran memiliki kriteria baik. Namun, masih terdapat kekurangan pada komponen yang belum diuraikan secara jelas pada RPP. Proses pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana. Namun dari kelima aspek saintifik, aspek menanya kurang diterapkan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada evaluasi pembelajaran kurang terlaksana. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan hanya dalam bentuk penilaian hasil belajar yang mengukur aspek Keterampilan, sedangkan aspek pengetahuan dan aspek sikap tidak terlaksana.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANA PUJI ASTUTI
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:07
Last Modified: 17 Jul 2019 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item