Kuti, Zidan Indoman (2025) Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (691kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Latar Belakang: Remaja dalam lingkungan sekolah akan mengikuti perilaku yang dilakukan kelompok teman sebaya sehingga memunculkan konformitas. Salah satu dampak yang timbul jika remaja melakukan konformitas teman sebaya adalah perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 6 Kota Jambi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah 101 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Bullying. Analisis data menggunakan uji korelasi Kendall Tau. Hasil: Sebagian besar responden melakukan konformitas teman sebaya dan perilaku bullying dalam kategori rendah. Hasil uji korelasi Kendall Tau diperoleh nilai p-value 0,003<0,05 dengan nilai koefisien korelasi (r)=0,276 yang menunjukkan adanya hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang tergolong lemah antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying di SMP Negeri 6 Kota Jambi. Kesimpulan: Konformitas teman sebaya yang dilakukan remaja disekolah jika tidak dikontrol akan menimbulkan perilaku bullying. Disarankan remaja dalam berinteraksi dengan teman sebaya tidak mengikuti perilaku yang dilakukan kelompok menuju ke arah negatif salah satunya perilaku bullying agar menciptakan lingkungan sekolah tetap nyaman dan aman. Kata Kunci: Bullying, konformitas, remaja, teman sebaya Background: Adolescents in the school environment tend to conform to the behavior of their peer group. One of the impacts that arises if adolescents conform to their peer conformity is bullying behavior. This study aims to investigate the relationship between peer conformity and bullying behavior among adolescents at SMP Negeri 6, Jambi City. Methods: This study used a correlational quantitative design with a cross-sectional approach. The sampling technique employed was proportionate stratified random sampling, using the Slovin formula, with a total of 101 respondents. Data collection was carried out using the Peer Conformity and Bullying Behavior questionnaires. Data analysis using the Kendall Tau correlation test. Results: Most respondents exhibit peer conformity and bullying behavior in the low category. The results of the Kendall Tau correlation test obtained a p-value of 0.003 <0.05 with a correlation coefficient value (r) = 0.276, which indicates a positive relationship with the strength of the relationship, which is classified as weak between peer conformity and bullying behavior at SMP Negeri 6 Jambi City. Conclusion: Peer conformity by adolescents at school, if not controlled, will lead to bullying behavior. It is recommended that adolescents interacting with peers do not follow the behavior of the group towards negativity, one of which is bullying behavior, to create a school environment that remains comfortable and safe. Keywords: Adolescents, bullying, conformity, peers
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying, konformitas, remaja, teman sebaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kuti |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:22 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |