Muslikah, Sefia (2025) Pengaruh Penerapan Bimbingan Scaffolding Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X FAse E Pada Materi Kimia Hijau. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI SEFIA MUSLIKAH FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Sefia.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
Abstract
Muslikah, Sefia. 2025. Pengaruh Penerapan Bimbingan Scaffolding terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Fase E pada Materi Kimia Hijau: Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.SI., PH.D. (II) Febbry Romundza, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Keterampilan Proses Sains, Inkuiri Terbimbing, Kimia Hijau Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa, khususnya dalam keterampilan mengukur dan mengomunikasikan hasil, yang menjadi dasar dalam pembelajaran sains berbasis praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bimbingan scaffolding terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi kimia hijau, serta mengidentifikasi penyebab perubahan keterampilan tersebut setelah diberikan perlakuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mix method menggunakan desain quasi eksperimen jenis time series experiment. Teknik bimbingan scaffolding diterapkan dalam empat pertemuan dengan tahapan: explaining, prompting, cueing, dan questioning. Instrumen kuantitatif berupa rubrik observasi keterampilan proses sains dan pretest-posttest, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui penerapan model inkuiri terbimbing yang didokumentasikan melalui catatan observasi dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor keterampilan proses sains pada setiap pertemuan, baik pada aspek keterampilan mengukur maupun mengomunikasikan hasil. Kategori keterampilan siswa mengalami pergeseran dari cukup terampil menjadi terampil pada pertemuan akhir. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan scaffolding berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran kimia hijau.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scaffolding, Keterampilan Proses sains, INkuiri Terbimbing, Kimia Hijau |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | MUSLIKAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |