Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Rasa Percaya Diri Siswa dalam Belajar di SMP Islam baiturahim Jambi

Simar, Simar (2025) Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Rasa Percaya Diri Siswa dalam Belajar di SMP Islam baiturahim Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Skripsi simarAnyar1 baruu 2222277.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Halaman pengesahan simar(2).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepercayaan diri dalam menunjang keberhasilan belajar siswa, dimana kurangnya rasa percaya diri siswa dapat berdampak pada rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Fenomena ini ditemukan pada siswa di SMP Islam Baiturrahim Jambi, yang menujukkan perilaku pasif, ketidakberanian tampil kedepan kelas, takut untuk bertanya dan menyampaikan pendapat, dan tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri. Fokus penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor penyebab kurangnya rasa percaya diri siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan secara mendalam faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri siswa dalam belajar di SMP Isalam Biturrahim Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas IX yang menunjukkan kepercayaan diri rendah, dengan informan pendukung yaitu guru BK, wali kelas, teman siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab kurangnya rasa percaya diri siswa dalam belajar meliputi konsep diri negatif, harga diri yang rendah, dan pengalaman negatif yang tidak menyenangkan juga menjadi salah satu penyebab kurangnya rasa percaya diri siswa dalam proses belajar. Siswa cenderung mersa tidak mampu, takut gagal, meragukan potensi diri sendiri, sehingga menyebabkan siswa kurang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang kurang mendukung dan pola asuh orang tua kurangnya komunikasi terbuka dalam keluarga yang menghambat terbentuknya rasa percaya diri siswa sejak dirumah, kemudian diperburuk dengan kurangnya dukungan emosional baik lingkungan sekolah maupun keluarga terhadap kurangnya rasa percaya diri siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurang percaya diri, faktor penyebab, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SIMAR
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:50
Last Modified: 02 Aug 2025 05:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84940

Actions (login required)

View Item View Item