ani, Yuli (2025) Responsivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muaro Jambi Unit Metro Mendalo dalam Menangani Keluhan Pelanggan. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Yuliani Repository.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Yuliani Repository.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai perusahaan yang memenuhi distribusi air pelanggan dalam praktek nyatanya, masih terdapat banyak kekurangan dalam pelayanan, dibuktikan dengan banyaknya keluhan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis responsivitas PDAM Tirta Muaro Jambi Unit Metro Mendalo dalam menangani keluhan pelanggan, khususnya terkait keluhan krisis air (air tidak mengalir) yang mendominasi laporan periode 2021–2024. Penelitian ini menggunakan teori Responsivitas dengan enam indikator oleh Zethaml. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas PDAM Unit Metro Mendalo sebagai pelayan public berupaya untuk melakukan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku, namun penanganan keluhan yang dilakukan belum optimal dikarenakan beberapa kendala dalam responsivitas yaitu sentralisasi manajerial dan keterbatasan sumber daya dan modal, dan juga pemusatan pengelolaan sistem pengaduan secara online oleh PDAM Tirta Muaro Jambi yang menyebabkan respon keluhan menjadi kurang responsif. Kata kunci : Keluhan Pelanggan, Krisis Air, PDAM, Responsivitas
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | YULIANI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |