SARNITA, SARNITA (2025) ANALISIS PEMANFAATAN ISU POLITIK DINASTI DALAM STRATEGI FADHIL-BAHKTIAR PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2020. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK-1.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan -1.pdf Download (973kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SARNITA Revs 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover SARNITA .pdf Download (27kB) |
Abstract
Kemenangan pasangan Fadhil Arief dan Bakhtiar pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Batang Hari tahun 2020, atas dua pasangan calon kompetitor yang berasal dari afiliasi poltik dinasti yang telah lama di Kabupaten Batang Hari. Merupakan Kemampuan kolaborasi serta kerjasama antara pasangan calon dan tim pemenangan dalam memanfaatkan celah isu politik dinasti yang menjadi sebuah solusi kongkrit perubahan pada pemilihan tersebut. Penelitia ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi tim pemenangan pasangan Fadhil-Bakhtiar dalam memanfaatkan isu politik dinasti dan bagaiamana bentuk pemanfaatan isu tersebut, dengan menggunakan pendekatan teori marketing politik pada aspek pull, push dan pas marketing oleh Adnan Nursal. Pemilihan jenis kualitatif dengan pendekatan deskripsi menjadi pilihan peneliti guna dapat menganalisis lebih mendalam dengan dua sumber data, primer dari hasil wawancara, penelitian kelapangan dan skunder dari hasil studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan Fadhil Arief dan Bakhtiar berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Batang Hari 2020 dengan strategi marketing politik yang efektif terhadap isu politik dinasti. Menggunakan strategi pull marketing, mereka menarik perhatian masyarakat dengan tagline "Arah Baru Batang Hari," dan menawarkan visi, misi, serta program kerja yang menjawab kekurangan pemimpin sebelumnya. Dukungan tokoh agama dan politik (pass marketing) serta kampanye langsung yang intensif (push marketing) memperkuat posisi mereka. Kombinasi strategi ini berhasil mengubah preferensi pemilih yang jenuh dengan dominasi politik keluarga lama, membuktikan efektivitas marketing politik dalam mengatasi politik dinasti dan memenangkan pemilihan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan Kepala Daerah, Strategi Marketing Politik Dan Politik Dinasti. |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JL Political institutions (America except United States) J Political Science > JN Political institutions (Europe) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | sarnita |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |