PERSEPSI TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ezalika, Ririn PERSEPSI TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ezalika, Ririn. 2019.Persepsi Terhadap Pendekatan Saintifik Dalam Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. HarySoedartoHarjono, M. Pd., (II) Priyanto, S. Pd, M. Pd., Kata Kunci: persepsi siswa, pendekatan saintifik, materi teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik kelas VIII D SMPN 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam materi teks eksplanasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa menggunakan pendekatan yang tepat dalam mengajar dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil pada tanggal 25 pebruari sampai 28 pebruari 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pendekatan saintifik sangat bagus dan memiliki pengaruh yang kuat dalam pembelajaran, hal itu dibuktikan dengan hasil perhitungan uji validitas dengan skor 0,784 dan hasil uji reabilitas dengan skor 0,784. Kemudian hasil perhitungan data dilihat dari segi deskriptif kuantitatif yang menunjukkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap persepsi siswa dengan skor 47, 67 dan 42, 43 < 0,05 (6, 314).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRIN EZALIKA
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:44
Last Modified: 17 Jul 2019 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item