Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi

Djumantoro, Djuman (2019) Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi.

[img] Text
coverr.pdf

Download (84kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (82kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (64kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Djumantoro 2018. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si, Pembimbing II Drs. H. Arpizal, M.Pd Kata Kunci: Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah,Hasil Belajar Ekonomi Dari hasil observasi yang penulis lakukan, terdapat beberapa siswa yang sering bolos atau berada diluar kelas padasaat pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru sehingga mereka takut masuk ke dalam kelas, dengan alasan takut akan dihukum, dan merasa bosan didalam kelas. Sebagian siswa lain juga sering bolos dengan alasan malas atau bosan dengan mata pelajaran tertentu maupun ada pengaruh teman dari dalam lingkungan sekolah. Bahkan ada siswa-siswa yang sering keluar masuk pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang memperhatikan guru pada saat mengajar, baik siswa laki-laki maupun perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu disiplin belajar 〖(X〗_1), dan lingkungan sekolah〖 (X〗_1), (Variabel terikat (dependen variabel). Hasil belajar ekonomi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien untuk variabel disiplin belajar (X1) sebesar 0.135 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.325 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 3.966 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 59 maka t tabel = 1,6711 dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, untuk variable lingkungan sekolah (X2) sebesar 0,468 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.468 (X2). Pada tabel tersebut nilai t sebesar 1,6711 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 59 maka t tabel = 1.6711, dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, besarnya F hitung untuk model regresi ini adalah 7.869 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai F yang diperoleh ersebut signifikan karena harga signifikansinya yang diperoleh kurang dari 0,05 yang berarti ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DJUMANTORO
Date Deposited: 17 Jul 2019 09:38
Last Modified: 17 Jul 2019 09:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item