Permadi, Kimas (2025) PENGARUH ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN KLASIKAL DI KELAS VII SMP NEGERI 16 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK1.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KIMAS FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
![]() |
Text
Pengesahan Lulus Ujian Skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan klasikal di Kelas VII SMP Negeri 16 Muaro Jambi.Konsentrasi belajar merupakan faktor krusial dalam keberhasilan proses pembelajaran, namun seringkali mengalami penurunan konsentrasi yang berdampak pada pemahaman materi. Ice beraking sebagai kegiatan selingan yang dirancang untuk menyegarkan suasana, diyakini mampu mengembalikan dan meningkatkan fokus siswa. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain pre-experimental design model One-Group Pretest-Posstest Design. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Muaro Jambi. Data dikumpulkan menggunakan angket konsentrasi belajar yang di berikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan ice breaking melalui layanan klasikal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic inferensial dengan uji t-test untuk mengetahui skor pretest dan posttest.Pengaruh Ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan klasikal di kelas VII SMP Negeri 16 Muaro Jambi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada konsentrasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan ice breaking melalui layanan klasikal. Hal ini dibuktikan dari perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest yang signifikan secara statistic. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan klasikal dengan implementasi ice breaking efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Muaro Jambi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi guru bimbingan dan konseling serta guru matapelajaran untuk mengadopsi ice breaking sebagai salah satu strategi dalam menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Ice Breaking, Konsentrasi Belajar, Layanan Klasikal, Siswa SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | KIMAS PERMADI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |