Alviana, Rani (2025) Perbandingan Edukasi Resusitasi Jantunng Paru (RJP) Menggunakan Metode Simulasi Dan Vidio Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan RJP Siswa Kelas XI SMA N 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
1. JUDUL.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
Skripsi Rani Alviana G1B121046.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (526kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Henti jantung merupakan salah satu bentuk kondisi gawat darurat dikarenakan harus mendapatkan pertolongan segera, cepat dan tepat, sebab bila tidak mendapatkan pertolongan segera dapat menimbulkan masalah lain yang memperburuk keadaan dan meningkatkan angka mortalitas. Oleh karena itu pengetahuan dan keterampilan RJP menjadi sangat penting diberbagai lingkungan sosial masyarakat salah satunya siswa sekolah, selain itu dengan dilakukan edukasi pada siswa sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sejak dini. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test yang melibatkan satu kelompok intervensi dan satu kelompok kontrol. Sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Data terkumpul berdasarkan hasil uji test menggunakan kuesioner dan lembar penilaian keterampilan. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxson. Hasil: Berdasarkan hasil uji test kuesioner dan lembar penilaian keterampilan, pada siswa intervensi memperoleh hasil p-value 0.000 yang artinya ada pengaruh dilakukannya edukasi RJP menggunakan media PPT dan simulasi. Pada kelompok kontrol diperoleh hasil p-value 0.000 yang artinya ada pengaruh dilakukannya edukasi BHD menggunakan media leaflet dan vidio. Kesimpulan: Edukasi RJP menggunakan media PPT dan leaflet memberikan pengaruh yang sama baiknya sehingga dapat digunakan sebagai media meningkatkan pengetahuan siswa. Sedangkan metode simulasi dan vidio juga memiliki pengaruh terhadap meningkatkan keterampilan siswa, namun metode simulasi memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan vidio meskipun keduanya memiliki pengaruh terhadap meningkatkan keterampilan siswa. Kata Kunci: Siswa Sekolah, RJP, Tingkat Pengetahuan, Keterampilan ABSTRACT Background: Cardiac arrest is one form of emergency condition because it must get immediate, fast and appropriate help, because if it does not get immediate help it can cause other problems that worsen the situation and increase mortality rates. Therefore, CPR knowledge and skills are very important in various social environments, one of which is school students, besides that education for school students can increase knowledge and skills early on. Research Methods: This study is a quasi-experimental study with a pre-test and post-test design involving one intervention group and one control group. The sample used was 80 students selected using cluster sampling technique. Data were collected based on test results using questionnaires and skill assessment sheets. The data analysis used was Wilcoxson test. Results: Based on the results of the questionnaire test and skill assessment sheet, the intervention students obtained a p-value of 0.000 which means that there is an effect of CPR education using PPT and simulation media. In the control group, the p-value is 0.000 which means that there is an effect of CPR education using leaflet and video media. Conclusion: CPR education using PPT media and leaflets has an equally good effect so that it can be used as a medium to increase student knowledge. While the simulation and video methods also have an influence on improving student skills, the simulation method has a greater influence than the video even though both have an influence on improving student skills. Keywords: School Students; CPR; Knowledge Level; Skills
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | School Students; CPR; Knowledge Level; Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Alviana |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |