PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISOIN (STAD) DI SMP NEGERI 12 MUARO JAMBI

ROBI’AH, SITI PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISOIN (STAD) DI SMP NEGERI 12 MUARO JAMBI. JURNAL PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISOIN (STAD) DI SMP NEGERI 12 MUARO JAMBI.

[img] Text
0.cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. Daftar isi, gaambar,.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK Robi’ah, siti. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Mengikuti Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisoin (STAD) di SMP Negeri 12 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Muslim, S.Pd, M.Si (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, model Think Pair Share (TPS), model Student Teams Achievement Divisoin (STAD) Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami soal yang diberikan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal dan kurang tepatnya model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran matematika. Dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisoin (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control design. Penelitian dilaksankan di SMP Negeri 12 Muaro Jambi di kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen I dan 26 siswa kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak (simple random sampling). Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal uraian sebanyak lima butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS), aktivitas siswa dalam belajar meningkat, siswa berani bertanya, mengemukakan pendapat, mengemukakan ide dan gagasan serta dapat meningkatkan kemampuan siswa yang berkemampuan rendah. Begitupun dengan persentase aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I berbeda dengan kelas eksperimen II. Dengan rata-rata nilai post test siswa pada kelas eksperimen I yaitu 77,43 dan kelas eksperimen II yaitu 62,95. Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisoin (STAD) di SMP Negeri 12 Muaro Jambi. Dimana rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisoin (STAD).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: SITI ROBIAH
Date Deposited: 17 Jul 2019 07:51
Last Modified: 17 Jul 2019 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item