Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Baru di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Juliani, Tria Atika (2025) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Baru di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Latar Belakang: Masa awal perkuliahan sering menjadi fase transisi yang penuh tantangan bagi mahasiswa baru. Pada tahap ini, mahasiswa dihadapkan pada berbagai penyesuaian, seperti lingkungan baru, sistem pembelajaran yang berbeda, hingga peran baru sebagai individu yang lebih mandiri. Ketidakpastian dan proses adaptasi ini kerap menimbulkan kecemasan serta keraguan terhadap kemampuan diri, yang kemudian dapat berdampak pada rendahnya kepercayaan diri. Rendahnya kepercayaan diri ini dapat memengaruhi kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi sosial, mengambil keputusan, serta menghadapi sistem pembelajaran yang lebih kompleks. Dalam kondisi ini, dukungan keluarga berperan penting sebagai sumber kekuatan emosional dan psikologis yang membuat mahasiswa merasa lebih aman, diterima, dan percaya diri dalam menjalani masa transisi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kepercayaan diri pada mahasiswa baru. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 705 mahasiswa baru. Sampel sebanyak 96 mahasiswa diperoleh melalui teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dukungan keluarga dan kepercayaan diri. Analisis data dilakukan menggunakan uji Spearman’s Rho. Hasil: Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan kepercayaan diri mahasiswa baru (r = 0,490; p = 0,001). Analisis univariat menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat dukungan keluarga yang tinggi (78,1%) dan kepercayaan diri tinggi (74,0%). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepercayaan diri mahasiswa baru. Oleh karena itu, disarankan agar keluarga memberikan dukungan yang konsisten untuk membantu mahasiswa baru membangun rasa percaya diri dalam menghadapi proses adaptasi awal di perguruan tinggi. Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Kepercayaan Diri, Mahasiswa Baru Abstract Background: The beginning of college is often a challenging transition phase for new students. At this stage, students are faced with various adjustments, such as a new environment, a different learning system, and a new role as a more independent individual. This uncertainty and adaptation process often leads to anxiety and doubts about one's abilities, which can then have an impact on low self-confidence. This low self-confidence can affect students' ability to interact socially, make decisions, and deal with more complex learning systems. In this condition, family support plays an important role as a source of emotional and psychological strength that makes students feel more secure, accepted, and confident in undergoing this transition period. Therefore, this study was conducted to determine the relationship between family support and self-confidence in new students. Methods: This study used a quantitative approach with a cross-sectional design. The population in this study amounted to 705 new students. A sample of 96 students was obtained through quota sampling technique. The instruments used were family support and self-confidence questionnaires. Data analysis was performed using Spearman's Rho test. Results: The results of the analysis showed a positive and significant relationship between family support and self-confidence of new students (r = 0.490; p = 0.001). Univariate analysis shows that most students have a high level of family support (78.1%) and high self-confidence (74.0%). Conclusion: There is a significant relationship between family support and self-confidence of new students. Therefore, it is recommended that families provide consistent support to help new students build confidence in facing the initial adaptation process in college. Keywords: Family Support, Freshmen, Self-Confidence

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kepercayaan Diri, Mahasiswa Baru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: TRIA ATIKA JULIANI
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:50
Last Modified: 21 Jul 2025 08:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85167

Actions (login required)

View Item View Item