MARASWATI, TRI IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI. JURNAL IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI.
Text
1.cover.pdf Download (24kB) |
|
Text
2.hlm pengesahan.pdf Download (380kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
3.daftarisi.pdf Download (364kB) |
|
Text
5.BAB V.pdf Download (156kB) |
Abstract
ABSTRAK Maraswati, Tri. 2019. Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Rahmat Murbojono, M.Pd., (II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum., Kata Kunci: Kesulitan Belajar Kesulitan belajar adalah suatu gangguan yang ada pada diri siswa sehingga berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dalam penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar sejarah yaitu faktor internal yang merupakan faktor kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa. Di SMA Negeri 3 Muaro Jambi ditemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar sejarah dalam hal ini dilihat dari penurunan hasil belajar yang dilihat dari nilai ulangan harian siswa. Kesulitan mereka dalam belajar sejarah adalah kurangnya pemahaman terhadap apa yang telah dijelaskan oleh guru mata pelajaran sejarah, Penelitian ini diarahkan pada faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang berasal dari faktor internal yaitu dalam aspek kognitif, aspek afektif, serta aspek psikomotorik. Dan faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat, serta faktor lingkungan sekolah. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X IPS yang mengalami kesulitan belajar, guru mata pelajaran sejarah wajib dan sejarah peminatan kelas X IPS, serta orang tua siswa yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar sejarah pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi untuk pengecekan kredibilitas data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar sejarah karena faktor internal yaitu faktor intelegensi siswa yang rendah, siswa yang tidak dapat melatih dirinya sendiri untuk belajar, serta kurang siap dan semangat dalam menerima pelajaran. Kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga juga mempengaruhi proses belajar siswa di sekolah, menjadikan siswa tidak berkeinginan untuk belajar, kurang percaya diri serta bersikap acuh dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian hendaknya Orang tua lebih memperhatikan pendidikan anak, Guru seharusnya lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan siswa hendaknya lebih sering melatih dirinya sendiri untuk belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TRI MARASWATI |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 09:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 09:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8529 |
Actions (login required)
View Item |