PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PROJECT BASED LEARNING-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESAIN PROJECT KIMIA

PARAMITA, NIA PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PROJECT BASED LEARNING-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESAIN PROJECT KIMIA. JURNAL PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PROJECT BASED LEARNING-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESAIN PROJECT KIMIA.

[img] Text
1. halaman depan.docx

Download (124kB)
[img]
Preview
Image
halaman pengesahan.jpg

Download (152kB) | Preview
[img] Text
5. daftar isi, daftar tabel, daftar gambar blum fx.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Paramita, Nia. 2019. Pengembangan Prosedur Model Project Based Learning-Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan siswa Mendesain Project Kimia. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikam Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I): Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, Pembimbing (II): Dr. Zurweni, M.Si. Kata kunci : Project Based Learning, Flipped Classroom, Mendesain Project Proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif didalam proses pembelajaran. Salah satu pengembangan model pembelajaran yang dilakukan adalah model pembelajaran Project Based Leraning-Flipped Classroom. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara mengembangkan prosedur model pembelajaran Project Based Learning-Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendesain project kimia serta mengetahui pendapat ahli dan praktisi terhadap kelayakan dari prosedur model pembelajraan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan model prosedural yang mengadaptasi Tipe F2-O1-S5-A3 yang memiliki bebrapa tahapan yakni menentukan sumber data, mengumpulkan data, menganalisis data, memunculkan ide model, dan menggambarkan model. Tahap menentukan sumber data diambil dari penelitian para ahli terdahulu yang relevan. Tahap mengumpulkan data didapat dengan mengumpulkan beberapa penelitian yang telah dicari. Tahap menganalisis data yaitu menganalisis kemungkinan penggabungan model dari data yang telah ditentukan dan dikumpulkan. Pada tahap memunculkan ide terdiri dengan menghubungkan pola atau membuat pola hubungan antara kedua model untuk digabungkan. Tahap menggambarkan model dengan membuat model prosedural melalui diagram alir dengan pola bagaimana model tersebut bekerja yang kemudian pola model ini akan divalidasi oleh ahli dan praktisi untuk melihat kelayakan model pembelajaran. Hasil penelitian yang dilihat dari penilaian atau validasi ahli dan validasi praktisi melalui wawancara dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Leaning-Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan siswa mendesain project kimia layak secara konseptual dan prosedural. Sehingga dapat diimplementasikan didalam kelas oleh guru maupun penelitian selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: NIA PARAMITA
Date Deposited: 18 Jul 2019 01:16
Last Modified: 18 Jul 2019 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8532

Actions (login required)

View Item View Item