PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN KELAS IX SMP DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK-OBJEK PADA GENTALA ARASY DI KOTA JAMBI

Utami, Vera (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN KELAS IX SMP DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK-OBJEK PADA GENTALA ARASY DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (787kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Utami, Vera .2019. Pengembangan E-modulBerbasis Modelling Mathematics MateriKekongruenandan KesebangunanKelas IX SMP denganMenggunakanObjek-objekpadaGentalaArasydi Kota Jambi: Skripsi, JurusanPendidikanMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Sofnidar, M.Si., (II) Drs.Sufri, M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Modelling Mathematics,Objek-objekGentalaArasy, KekongruenandanKesebangunan Kebanyakanpesertadidikmenganggapbahwamatematikamerupakansalahsatumatapelajaran yang sulitdipahami, sepertihalnyamaterikekongruenandankesebangunan.Padadasarnyamatematikasangaterathubunganyadengankehidupansehari-hari.Salah satupenyebabnyayaitukurangnyabahan ajar yang bisamembuatpesertadidiklebihaktif, sehinggapembelajaranmatematikamenjaditidakmenarikdansemakinsulitdipahami.Salah satusolusinyayaitubelajardengan e-modul.Kemudian agar pembelajaranlebihbermakna, makaditerapkanpembelajaranberbasismodeling mathematics, yaitupembelajarandengankonteksdunianyata.Salah satunyadenganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi. Tujuandaripenelitianpengembanganinimenghasilkansebuahprodukberupa E-modulberbasisModelling Mathematicsmaterikekongruenandankesebangunankelas IX SMP denganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi danuntukmengetahuikelayakanproduk E-modul yang telahdibuat. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa E-modul yang dibuatsudahsangatbaik, karenabahan ajar berupa E-modul yang dikembangkanmemenuhikriteria validdengan rata-rata skor 4,55initermasukdalamkategori “sangatbaik”. E-modulmemenuhikriteriakepraktisan, yaituberdasarkanhasilapresiasi guru matapelajarandengan rata-rata skor 4,16dengankriteria “sangatbaik’, danhasilapresiasipesertadidikdengan rata-rata skor 4,36 dengankriteria “sangatbaik”. E-modulkriteriakeefektifan, yaituberdasarkanpersentasepesertadidik yang tuntassesuai KKM adalah 76,7%%. MelihatPersentaseaktivitaspesertadidiksaatpembelajaranmenggunakan e-modulyaitu 82,44% dengankategori “sangatbaik”, danKemudianadanyaresponpositifdaripesertadidik, halinidapatdilihatdariangket yang diberikanbahwahasilpersepsipesertadidikterhadappenggunaan e-moduldiperolehpersentase 78,89% dengankategori “positif” ataumendapatrespon yang positifolehpesertadidik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VERA UTAMI
Date Deposited: 18 Jul 2019 01:39
Last Modified: 18 Jul 2019 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item