Utami, Vera (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN KELAS IX SMP DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK-OBJEK PADA GENTALA ARASY DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (251kB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, Vera .2019. Pengembangan E-modulBerbasis Modelling Mathematics MateriKekongruenandan KesebangunanKelas IX SMP denganMenggunakanObjek-objekpadaGentalaArasydi Kota Jambi: Skripsi, JurusanPendidikanMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Sofnidar, M.Si., (II) Drs.Sufri, M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Modelling Mathematics,Objek-objekGentalaArasy, KekongruenandanKesebangunan Kebanyakanpesertadidikmenganggapbahwamatematikamerupakansalahsatumatapelajaran yang sulitdipahami, sepertihalnyamaterikekongruenandankesebangunan.Padadasarnyamatematikasangaterathubunganyadengankehidupansehari-hari.Salah satupenyebabnyayaitukurangnyabahan ajar yang bisamembuatpesertadidiklebihaktif, sehinggapembelajaranmatematikamenjaditidakmenarikdansemakinsulitdipahami.Salah satusolusinyayaitubelajardengan e-modul.Kemudian agar pembelajaranlebihbermakna, makaditerapkanpembelajaranberbasismodeling mathematics, yaitupembelajarandengankonteksdunianyata.Salah satunyadenganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi. Tujuandaripenelitianpengembanganinimenghasilkansebuahprodukberupa E-modulberbasisModelling Mathematicsmaterikekongruenandankesebangunankelas IX SMP denganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi danuntukmengetahuikelayakanproduk E-modul yang telahdibuat. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa E-modul yang dibuatsudahsangatbaik, karenabahan ajar berupa E-modul yang dikembangkanmemenuhikriteria validdengan rata-rata skor 4,55initermasukdalamkategori “sangatbaik”. E-modulmemenuhikriteriakepraktisan, yaituberdasarkanhasilapresiasi guru matapelajarandengan rata-rata skor 4,16dengankriteria “sangatbaik’, danhasilapresiasipesertadidikdengan rata-rata skor 4,36 dengankriteria “sangatbaik”. E-modulkriteriakeefektifan, yaituberdasarkanpersentasepesertadidik yang tuntassesuai KKM adalah 76,7%%. MelihatPersentaseaktivitaspesertadidiksaatpembelajaranmenggunakan e-modulyaitu 82,44% dengankategori “sangatbaik”, danKemudianadanyaresponpositifdaripesertadidik, halinidapatdilihatdariangket yang diberikanbahwahasilpersepsipesertadidikterhadappenggunaan e-moduldiperolehpersentase 78,89% dengankategori “positif” ataumendapatrespon yang positifolehpesertadidik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VERA UTAMI |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 01:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 01:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |