Sukowati, Septi eka PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. jurnal Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Sukowati, Septi Eka.2019. Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi:Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (1) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., Kata Kunci: model snowall throwing, kemampuan menulis, teks berita. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dari model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 kota jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Jambi pada Februari 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling karena populasi pada penelitian ini memiliki kesempatan untuk menjadi sampel. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 orang. Tes berupa pretes dan post test. Soal dalam penelitian ini berupa soal unjuk kerja. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji T. Sebelum dilakukan uji T terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalits dan uji homogenitas. Kemampuan menulis teks berita siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor kemampuan menulis teks berita. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata 71,25 dengan standar deviasi 11,54 dan rata-rata kemampuan menulis teks berita kelas kontrol sebesar 68,75 dengan standar deviasi 7,30. Hasil analisis data menggunakan uji T, didapatkan nilai t hitung sebesar 71,4 dan t tabel pada taraf signifikan α 0,05 diperoleh hasil sebesar 1,666914. Hasil ini menunjukkan jika nilai t hitung > t tabel, artinya hipotesis dari penelitian ini terjawab yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Snowball Throwing mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis teks berita antara kelas eksperimen yang menggunakan model Snowball Throwing dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk itu, penelitian diharapkan guru dapat menerapkan model Snowball Throwing karena penerapan model ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTI EKA SUKOWATI |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 02:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |