Dahmiri, Dahmiri and Zamzami, Zamzami and Yuliusman, Yuliusman (2025) MODEL INTEGRATIF KINERJA PEMASARAN: PERAN MEDIASI DIGITAL MARKETING DALAM PERSPEKTIF MARKET ORIENTATION. LPPM Universitas Jambi. (Submitted)
![]() |
Text
Dahmiri FEB_Penelitian Percepatan GB.pdf Download (939kB) |
Abstract
Abstrak Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian lokal, termasuk dalam sektor fashion di Kota Jambi. Situasi persaingan dan kemajuan teknologi telah mengakibatkan penurunan pendapatan dan kinerja pemasaran bagi UMKM. Faktor internal dan eksternal, seperti orientasi pasar dan pemasaran digital, menjadi krusial dalam kinerja pemasaran UMKM. Meskipun begitu, masih terdapat kekurangan penelitian yang mendalam mengenai kinerja pemasaran pada UMKM fashion di Kota Jambi, terutama dari perspektif market orientation dan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran dengan digital marketing sebagai variabel mediasi. Dalam konteks ini, orientasi pasar dipandang sebagai faktor utama yang mempengaruhi kinerja pemasaran, sedangkan digital marketing berperan sebagai mediator dalam menghubungkan antara orientasi pasar dengan kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha fashion di Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 267. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara, serta menggunakan data sekunder dari buku, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan analisis kualitatif, analisis PESTEL dan analisis kuantitatif berupa regresi linier berganda dengan alat bantu software SmartPLS. Evaluasi model dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis outer model, dan analisis inner model untuk memastikan validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran serta hubungan antar variabel dalam model. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang profil UMKM fashion di Kota Jambi, merumuskan model kinerja pemasaran yang menggabungkan market orientation dan digital marketing, serta menyumbangkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan terkait UMKM fashion, pemerintah, dan peneliti di masa depan. Adapun luaran penelitian adalah menjadi pemakalah seminar internasional dan artikel pada Jurnal Internasional pada database bereputasi Scopus atau WoS dan Haki. sedangkan penelitian ini mengusulkan TKT 3
Type: | Other |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Dahmiri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 00:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 00:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |