Khotimah, Husnul (2025) Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 162/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
Husnul Khotimah (N1A118116).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang: Masalah gizi pada anak usia sekolah masih menjadi tantangan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Kurangnya pemahaman dan praktik gizi seimbang dapat memengaruhi status gizi anak. Sekolah dasar merupakan tempat strategis untuk menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa tentang gizi seimbang di SD Negeri 162/IV Kota Jambi. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner tertutup yang telah dimodifikasi dari penelitian Respati dan disesuaikan dengan siswa sekolah dasar. Kuesioner mencakup tiga variabel, yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang. Penelitian dilakukan melalui tahapan persiapan, pengumpulan data, dan analisis univariat untuk menggambarkan masing-masing variabel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pengetahuan yang baik mengenai gizi seimbang (88,7%), sementara sisanya memiliki pengetahuan kurang baik. Sikap siswa juga tergolong positif (54,9%) dan sebagian lainnya menunjukkan sikap negatif. Untuk perilaku, mayoritas siswa berada pada kategori sedang (49,3%), diikuti oleh perilaku tinggi dan rendah. Meskipun hasil secara umum menunjukkan kategori baik, masih terdapat beberapa topik yang belum dipahami secara merata, khususnya pada pertanyaan tertentu yang sering dijawab salah. Kesimpulan: Secara umum, gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa SD Negeri 162/IV Kota Jambi terhadap gizi seimbang berada dalam kategori baik. Hasil ini menunjukkan pentingnya edukasi berkelanjutan dan dukungan lingkungan sekolah maupun keluarga dalam membentuk pola makan sehat pada anak usia sekolah. Selain itu, masih terdapat beberapa topik tertentu yang belum dipahami secara merata, sehingga perlu adanya penguatan materi pada bagian tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gizi seimbang, pengetahuan, sikap, perilaku, siswa sekolah dasar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Khotimah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |