kurniasi, rima Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Transformasi Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Etnomatematika di Kelas XI SMA. Universitas Jambi. (Unpublished)
Text
1.halaman sampul.pdf Download (192kB) |
|
Text
4.halaman pengesahan.pdf Download (242kB) |
|
Text
8.daftar isi.pdf Download (199kB) |
|
Text
9.bab 1.pdf Download (293kB) |
|
Text
9.bab 5.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Kurniasi, Rima. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Transformasi Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Etnomatematika di Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Rohati, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. Jefri Marzal, M. Sc. D. I. T Kata Kunci: Mobile Learning, Etnomatematika, Transformasi Penggunaan smartphone saat ini sudah sangat menjamur diberbagai kalangan. Banyak sekali fitur-fitur yang dapat membantu pekerjaan penggunanya. Namun perkembangan teknologi yang pesat juga menyebabkan lunturnya norma-norma dan budaya bangsa. Pelestarian budaya bangsa merupakan salah satu kiat untuk meminimalisir dampak negatif dari penggunaan smartphone. Maka dari itu pada penelitian ini peneliti melakukan pelestarian budaya melalui pendidikan formal dengan menciptakan media pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan etnomatematika di kelas XI SMA dan mendeskripsikan keefektifan dari media pembelajaran tersebut. Media pembelajaran tersebut diberi nama BaLaTrans (Batik Labu Transformasi). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 12 Kota Jambi. Sumber data penelitian diperoleh dari angket validasi oleh ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, observasi proses belajar dan tes hasil belajar. Media pembelajaran BaLaTrans dibuat dengan model pengembangan ADDIE secara online pada website appypie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas media pembelajaran BaLaTrans yaitu validasi oleh ahli materi sebesar 86,9% (sangat valid), validasi oleh ahli media sebesar 92% (sangat valid) dan validasi oleh ahli desain sebesar 80% (cukup valid). Selain itu media pembelajaran BaLaTrans juga telah melalui uji kepraktisan dengan menggunakan uji perorangan dan uji kelompok kecil. Hasil uji coba perorangan sebesar 84,2% (sangat praktis) dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 85,6% (sangat praktis). Sedangkan untuk keefektifan media pembelajaran BaLaTrans peneliti melakukan observasi proses pembelajaran dan hasil tes belajar peserta didik. Hasil observasi proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran BaLaTrans selama 4x pertemuan sebesar 79,4% (cukup efektif) dan tes hasil belajar peserta didik sebesar 87,5% (sangat efektif).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIMA KURNIASI |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 01:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 01:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8547 |
Actions (login required)
View Item |