Kurniawan, Dedy and Hidayati, Hidayati and Ulfiati, Lilik and Zam Zam Al Arif, Tubagus and Sartika, Delita and Armiwati, Armiwati (2025) Pengelolaan Pembelajaran Sinkronus Interaktif dengan Aplikasi Nearpod: Panduan Praktis untuk Pendidik Abad ke-21. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi, Muaro Jambi. (Unpublished)
![]() |
Text
e-Book Pengelolaan Pembelajaran Sinkronus Interaktif dengan Aplikasi Nearpod.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abad ke-21 ditandai dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Dalam beberapa dekade ini kita menyaksikan bagaimana teknologi digital, telah mentransformasi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Ini utamanya dipicu oleh semakin meluasnya akses terhadap perangkat teknologi dan internet. Berbagai metode dan moda pembelajaran baru hadir sebagai alternatif yang tidak hanya mendukung dan mempermudah pembelajaran, tetapi juga meningkatkan dan mentrasformasi pembelajaran. Di antara beragam kemungkinan yang dihadirkan—dari pembelajaran daring hingga kecerdasan buatan—pengelolaan pembelajaran secara tatap muka langsung (F2F) masih mendominasi dalam pembelajaran, walaupun di masa sekarang tersedia juga alternatif untuk melakukan pembelajaran secara maya (virtual). Moda F2F dan virtual ini dikategorikan sebagai Pembelajaran Sinkronus (synchronous learning) yaitu pembelajaran yang dilakukan secara sewaktu dan tersentral. Satu kekurangan yang sering disorot dari pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi antara pendidiksiswa maupun siswa-siswa. Di sinilah teknologi memiliki peran penting untuk menjembatani dinamika ruang kelas fisik ke ruang digital dengan tetap mempertahankan interaktifitas dan partisipasi aktif. Buku panduan ini mengeksplorasi Nearpod, sebagai platform pembelajaran digital yang dapat digunakan secara mandiri (stand-alone), dapat dimanfaatkan secara strategis untuk mengelola pembelajaran sinkronus yang interaktif dan bermakna. Dengan fitur-fitur seperti presentasi interaktif, kuis, papan diskusi kolaboratif, dll, Nearpod menghadirkan pengalaman pembelajaran yang tidak hanya terstruktur tetapi juga inklusif dan reflektif. Berbasis pada praktik pedagogis dan kebutuhan aktual pembelajaran, buku panduan ini menawarkan kerangka implementasi Nearpod yang didasarkan pada teori-teori pembelajaran yang sesuai. Tujuannya adalah untuk memberdayakan pendidik dalam menciptakan ekosistem pembelajaran digital yang humanis dan berorientasi pada keterlibatan aktif peserta didik.
Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kurniawan |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 00:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 00:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |