Pengaruh Penggunaan Instagram @marhaban.academy Terhadap Kemahiran Membaca Pada Siswa/i Kelas VIII SMPIT Nurul Ilmi Kota Jambi

Faizal, Boby (2025) Pengaruh Penggunaan Instagram @marhaban.academy Terhadap Kemahiran Membaca Pada Siswa/i Kelas VIII SMPIT Nurul Ilmi Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Lembaran Awal Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran dan lain-lain.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Bahasa Arab Boby Faizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan akun Instagram marhaban.academy@ terhadap pengembangan keterampilan membaca siswa kelas VIII di SMP Nurul Ilmi Jambi, serta memahami persepsi siswa mengenai penggunaan media ini sebagai alat pembelajaran. Isu utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah spekulasi tentang efektivitas media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat pengajaran di tengah popularitasnya yang luas. Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Nurul Ilmi Jambi. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan akun Instagram marhaban.academy@ memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pengembangan keterampilan membaca siswa. Selain itu, penggunaan akun ini sebagai media pembelajaran menunjukkan tingkat partisipasi siswa yang sangat tinggi, ditandai dengan minat besar mereka terhadap video-video edukasi yang tersedia. Temuan ini menegaskan efektivitas akun Instagram marhaban.academy@ dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, disarankan agar para guru dan pihak sekolah berkolaborasi untuk mengintegrasikan dan meningkatkan penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat bantu pengajaran dalam kurikulum.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: BOBY FAIZAL
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:54
Last Modified: 04 Sep 2025 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85605

Actions (login required)

View Item View Item