MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MIND MAPPING DALAM KELOMPOK BELAJAR DI SMP N 18 KOTA JAMBI

WAHYUNI, YUNI (2019) MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MIND MAPPING DALAM KELOMPOK BELAJAR DI SMP N 18 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpeg

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MIND MAPPING DALAM KELOMPOK BELAJAR DI SMP N 18 KOTA JAMBI Oleh : Yuni Wahyuni NIM.A1E114038 Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd 2. Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan fenomena dilapangan yang menunjukkan bahwa kebanyakan mereka belum mengerti dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya yaitu siswa sering mengeluh, merasa pesimis apabila disuruh untuk mengerjakan dan menjalankan tugas tertentu, merasa malu dan tidak yakin terhadap dirinya dan tidak mempunyai motivasi, belum memiliki tujuan hidup atau cita-cita, kurangnya pengetahuan dan kesulitan tentang bagaimana cara untuk dapat memahami diri dengan baik. Pemahaman diri adalah suatu situasi yang dialami individu dimana seseorang mengenal tentang potensinya baik potensi fisik maupun potensi psikisnya. Oleh karena itu semua orang harus mengerti tentang dirinya. Ketika seseorang memahami akan dirinya maka dia akan dapat menjalani hidupnya dengan nyaman dan juga memiiki rasa percaya diri yang kuat karena sudah memiliki pandangan diri yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan penerapan mind mapping dalam kelompok belajar pada siswa kelas IX A SMP N 18 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Metode mendeskripsikan data dengan persentase yaitu dengan subyek penelitian diambil 8 siswa kelas IX A SMP N 18 Kota Jambi yang memiliki pemahaman diri rendah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket. Berdasarkan hasil yang didapat melalui penyebaran angket kepada responden perbedaan antara pre-tes 51.5% dan post-test 77.8% menunjukkan peningkatan sebesar 26.3% sehingga penerapan mind mapping kelompok belajar dapat meningkatkan pemahaman diri siswa dalam mengetahui gambaran mengenai kondisi diri siswa kelas IX A SMP N 18 Kota Jambi yang dibuktikan dengan perbedaan perlakuan, pada siklus I lebih kepada diskusi, siklus II lebih kepada bertukar pikiran atau pendapat sedangkan siklus III lebih kepada pemberian contoh nyata pada kehidupan remaja masa kini dalam ke 7 aspek pemahaman diri serta adanya perbedaan skor positif dan significant antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan dengan metode mind mapping. Kata kunci : Pemahaman diri, Mind mapping, Kelompok belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUNI WAHYUNI
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:44
Last Modified: 18 Jul 2019 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item View Item